Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Mengaji Al Qur’an Di Madrasah Lubuk Bunut

Authors

  • Handika STAI Hubbulwathan Duri
  • Melisa Dewi STAI Hubbulwathan Duri

Keywords:

Implementasi, Nilai-nilai Moderasi Agama, Mengaji Al- Qur’an

Abstract

Implementasi moderasi beragama harus dimulai sejak usia dini, dikarenakan usia ini sangatlah tepat untuk pendidikan dasar menjadi suatu keharusan dalam membiasakan nilai- nilai koderasi beragama. Saat ini nilai-nilai moderasi beragama dapat diaplikasikan pada lembaga pendidikan dasar Islam, yakni taman pendidikan Al-Qur’an (Madrasah) dengan kerangka besar moderasi beragama. Tujuan penelitian ini mengkaji tentang implementasi nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatan mengaji Al Qur’an di  Madrasah  Lubuk Bunut, salah satu  Madrasah  yang berada di Desa Lubuk BunutKecamatan Hutaraja Tinggi. pengumpulan data dilakukan dengan observasi serta dengan wawancara kepada ustadz atau pengajar di  Madrasah  Lubuk Bunut. Hasil penelitian adalah: melalui kegiatan mengaji al Qur’an yang dilaksanakan di  Madrasah  Lubuk Bunut dapat membangun pemahaman keagamaan bagi anak atau santri  Madrasah  untuk menjadi lebih moderat dan bisa memperkuat moderasi beragama sejak kecil. Kegiatan mengajar dan mengaji al quran di  Madrasah  untuk membangun kesadaran yang mengarah dan mencerminkan nilai- nilai moderasi beragama dengan memerlukan pembiasaan dan keteladanan.

References

Abror, M. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174

Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi Nilai- Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah dan Tinggi. Al-Hasanah: Islamic Religious Education Journal, 6(1), 114–124. https://doi.org/10.51729/6120

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100 https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640

Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri MADRASAH Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38– 41.

Hasanah, N. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (MADRASAH). Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 70–88. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.662

Hermawan, A. (2020). Nilai moderasi Islam dan internalisasinya di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 31–43. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3365

Islam, K. N. (2020). Moderasi Beragama di Tengah Pluralitas Bangsa: Tinjauan Revolusi Mental Perspektif Al-Qur’an. Jurnal, 13(1). https://doi.org/10.35905/kur.v13i1.1379

Ismawati, D. (2014). Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Ekstra Kulikuler Karawitan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purbayan Kota Gede Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.

Mahmudah, N., Ria, K. M., & Septiana, E. (2021). Pembentukan Karakter Moderat Pada Santri Melalui Kegiatan Pembacaan Shalawat Di MADRASAH An- Nahdliyah Nurul Iman Kelurahan Margorejo. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 81–100.

Mundir, M., & Hasanah, U. (2021). MODERASI BERAGAMA, PENDIDIKAN DAN DAKWAH KEAGAMAAN DI MASA COVID-19 & NEW NORMA. NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(1), 59–68.

Nanik, U., & Alwiyah, N. (2017). Pengembangan Pembelajran Al Qur’an Di Taman Pendidikan Al Qur’ann (TPA) Riyadlus Sholihin Desa Kalicebong Krasak Boyolali Tahun 2016/2017. IAIN Surakarta.

Nuzuli, A. K., & Astria, K. K. (2021). Pembelajaran On Line Di Perguruan Tinggi: Analisis Hambatan Komunikasi.Bina

Downloads

Published

31-01-2025

How to Cite

Handika, & Melisa Dewi. (2025). Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Mengaji Al Qur’an Di Madrasah Lubuk Bunut. Octo: Community Service Journal, 2(1), 7–13. Retrieved from https://jurnal.smkperbankanyaris.sch.id/index.php/octo/article/view/26