Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Mengaji Al Qur’an Di Madrasah Lubuk Bunut
Keywords:
Implementasi, Nilai-nilai Moderasi Agama, Mengaji Al- Qur’anAbstract
Implementasi moderasi beragama harus dimulai sejak usia dini, dikarenakan usia ini sangatlah tepat untuk pendidikan dasar menjadi suatu keharusan dalam membiasakan nilai- nilai koderasi beragama. Saat ini nilai-nilai moderasi beragama dapat diaplikasikan pada lembaga pendidikan dasar Islam, yakni taman pendidikan Al-Qur’an (Madrasah) dengan kerangka besar moderasi beragama. Tujuan penelitian ini mengkaji tentang implementasi nilai-nilai moderasi beragama melalui kegiatan mengaji Al Qur’an di Madrasah Lubuk Bunut, salah satu Madrasah yang berada di Desa Lubuk BunutKecamatan Hutaraja Tinggi. pengumpulan data dilakukan dengan observasi serta dengan wawancara kepada ustadz atau pengajar di Madrasah Lubuk Bunut. Hasil penelitian adalah: melalui kegiatan mengaji al Qur’an yang dilaksanakan di Madrasah Lubuk Bunut dapat membangun pemahaman keagamaan bagi anak atau santri Madrasah untuk menjadi lebih moderat dan bisa memperkuat moderasi beragama sejak kecil. Kegiatan mengajar dan mengaji al quran di Madrasah untuk membangun kesadaran yang mengarah dan mencerminkan nilai- nilai moderasi beragama dengan memerlukan pembiasaan dan keteladanan.
References
Abror, M. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174
Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi Nilai- Nilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah dan Tinggi. Al-Hasanah: Islamic Religious Education Journal, 6(1), 114–124. https://doi.org/10.51729/6120
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100 https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640
Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri MADRASAH Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38– 41.
Hasanah, N. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (MADRASAH). Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 70–88. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.662
Hermawan, A. (2020). Nilai moderasi Islam dan internalisasinya di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 31–43. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3365
Islam, K. N. (2020). Moderasi Beragama di Tengah Pluralitas Bangsa: Tinjauan Revolusi Mental Perspektif Al-Qur’an. Jurnal, 13(1). https://doi.org/10.35905/kur.v13i1.1379
Ismawati, D. (2014). Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Ekstra Kulikuler Karawitan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purbayan Kota Gede Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.
Mahmudah, N., Ria, K. M., & Septiana, E. (2021). Pembentukan Karakter Moderat Pada Santri Melalui Kegiatan Pembacaan Shalawat Di MADRASAH An- Nahdliyah Nurul Iman Kelurahan Margorejo. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 1(1), 81–100.
Mundir, M., & Hasanah, U. (2021). MODERASI BERAGAMA, PENDIDIKAN DAN DAKWAH KEAGAMAAN DI MASA COVID-19 & NEW NORMA. NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(1), 59–68.
Nanik, U., & Alwiyah, N. (2017). Pengembangan Pembelajran Al Qur’an Di Taman Pendidikan Al Qur’ann (TPA) Riyadlus Sholihin Desa Kalicebong Krasak Boyolali Tahun 2016/2017. IAIN Surakarta.
Nuzuli, A. K., & Astria, K. K. (2021). Pembelajaran On Line Di Perguruan Tinggi: Analisis Hambatan Komunikasi.Bina

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Octo: Community Service Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.