Faktor Kurangnya Minat Dan Partisipasi Anak- Anak Dan Remaja Dalam Kegiatan Keagamaan Di Desa Koto Pait Beringin
Keywords:
Faktor, Minat dan Partisipasi, Warga, Kegiatan KeagamaanAbstract
Faktor Kurangnya Minat Dan Partisipasi Anak-anak dan Remaja Dalam Kegiatan Keagamaan Di Desa Koto Pait Beringin. Lokasi penelitian yaitu di Desa Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis. Saat melaksanakan kegiatan KKN-MB kami menggunakan pendekantan Service Learning Service-Learning (SL) atau Experiential Learning diperkenalkan John Dewey sebagai model pembelajaran lapangan. Tujuan model pembelajaran SL ini selain melatih pengabdi agar memiliki pengetahuan tentang situasi nyata dalam anak-anak dan remaja dan kemampuan untuk mengatasinya, serta untuk membentuk karakter terutama agar mereka memiliki kesadaran berbela rasa atau peduli terhadap kaum yang lemah dan tersisihkan (preferential option for the poor). Desa Koto Pait Beringin Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, boleh dikatakan bahwa minat dan partisipasi anak-anak dan remaja dalam kegiatan keagamaan terhitung kurang sebab dalam kegiatan yang dilaksanakan kami masih mendapati beberapa anak-anak dan remaja yang acuh tak acuh saat peneliti berkegiatan walaupun tidak dipungkiri ada yang juga antusias mengikuti kegiatan sehingga dengan itulah kegiatan-kegiatan kami dapat terelaisasikan. Di sisi lain, peneliti mencoba memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, diantaranya mengenai Penguatan Kesadaran akan pentingnya Pendidikan Dakwah dan Keagamaan Islam, dan disertai program pribadi.
References
Aan, M. A. (2017). Peranan KH. Ahmad Dahlan Dalam Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 4, 44.
Arna Eka. (2022). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah. Vol. 1, No 2.
all, B. J. (2021). Pemberdayaan Anak-anak dan remaja Desa Muaradua Melalui Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Tematik. Jurnal pengabdian, 4.
Anggun, N. (2020). Problematika Remaja Dalam Kegiatan Keagamaan Di Kelurahan Gerung Selatan Kecamatan Gerung. Jurnal Keagamaan, 4, 35.
Anthon, S. A. (2018). Partisipasi Anak-anak dan remaja Dalam Mewujudkan Kuningan Sebagai Kabupaten Konservasi. Jurnal Unifikasi , 7.
Azhari, M. F. (2021). Buku Pedoman KPM-MB STAI Hubbulwathan Duri.
Faiz, M. R. (2020). Analisis Minat Remaja Terhadap Organisasi Remaja Masjid (Studi Kasus pada Ikatan Remaja Masjid At-Taqwa, Bojong. Jurnal Agama Islam UMJ, 27.
In’am, A. (2020). Peranan Pemuda dalam Penidikan Sosial Keanak-anak dan remajaan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 32.
Maryani, M. (2021). Faktor Rendahnya Partisispasi Dalam Kegiatan Keagamaan Implikasinya Terhadap Konseling Di Desa Pino Baru Kecamatan Air Nipis. Jurnal Pendidikan, v, 19.
Mukarromah, D. M. (2019). Peran Tokoh Agama Dan Anak-anak dan remaja Dalam Melakukan Pembinaan Kegiatan Keagamaan Remaja Di desa Bajang, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan, 3, 77.
Mulyana, D. (2018). Komunikasi Kesehatan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustafa, I. (2022). Analisis Pelaksanaan Gerakan Anak-anak dan remaja Hidup sehat Di Puskesmas Kabupaten Pangkep. Jurnal Pendidikan, IV, 38.
Satries, W. I. (2019). Peran Serta Pemuda Dalam Pembangunan. Jurnal Madani, 1, 28. Sosial, M. P. (2018).
Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: GN Press. Syukri, F. I. (2029). Pengaruh Kegiatan Keagamaan terhadap Kualitas Pendidikan. Riau, 15. Yuliani, R. E. (2017). Psikologi Remaja Muslim. Al-Murobbi, 3, 33.
Pratama, Surya (2022). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiayah.Vol 1, N0 2.

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Octo: Community Service Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.